Ragam Manfaat Frankincense Oil untuk Kesehatan

Jika berbicara mengenai essential oil, mungkin Anda sudah familiar dengan grapeseed, almond, atau avocado oil. Namun, bagaimana dengan frankincense oil? Minyak ini terbuat dari getah pohon Boswellia dan memiliki aroma yang disebut masyarakat Indonesia sebagai kemenyan. Dalam pengobatan tradisional India, manfaat frankincense essential oil untuk kesehatan telah tercatat selama ratusan tahun. Selain sering digunakan dalam aromaterapi, minyak ini juga memiliki potensi untuk memerangi kanker. Lalu, apa saja manfaatnya?

oil
  1. Meredakan arthritis

Terpene dan asam boswellic merupakan senyawa antiradang terkuat dalam frankincense oil. Menurut suatu penelitian, minyak esensial ini memiliki efek antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan sendi akibat osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Para peneliti percaya bahwa minyak ini dapat mencegah pelepasan leukotrien yang dapat menyebabkan peradangan. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal tersebut.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Frankincense oil memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat membantu menghancurkan bakteri, virus, bahkan sel kanker. Minyak ini bahkan juga menunjukkan aktivitas imunostimulan yang kuat sehingga mampu menstimulasi sistem imun Anda dan mencegah berbagai penyakit menjangkiti tubuh.

  1. Meredakan stres

Minyak kemenyan memiliki kemampuan sebagai anticemas sehingga ketika dihirup dapat memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi yang terkait dengan masalah tersebut. Sebagai aromaterapi, minyak ini dapat membantu Anda meredakan stres dan emosi-emosi negatif lainnya.

  1. Mencegah tanda penuaan

Frankincense essential oil dapat mencegah tanda penuaan dengan memperkuat kulit, memperbaiki warna dan elastisitas kulit, melindungi kulit terhadap bakteri dan noda, serta meningkatkan penampilan kulit seiring bertambahnya usia. Selain itu, minyak ini juga bisa membantu mengurangi bekas luka dan jerat, maupun menyembuhkan luka.

  1. Memperbaiki fungsi usus

Sifat antiradang frankincense oil juga bisa membantu memperbaiki fungsi usus sehingga dapat bekerja dengan baik. Khasiat ini bahkan efektif dalam mengurangi gejala-gejala penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Ekstrak kemenyan sama efektifnya dengan obat mesalazine dalam mengurangi gejala penyakit tersebut. Namun, manfaat ini hanya terbatas pada penelitian-penelitian kecil saja sehingga masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikannya, terutama dalam skala yang lebih besar.

  1. Meningkatkan kesehatan mulut

Frankincense oil dapat membantu mencegah bau mulut, sakit gigi, gigi berlubang, dan sariawan. Asam boswellic yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antibakteri kuat yang bisa mencegah dan mengobati infeksi mulut. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk membuktikan manfaat ini.

  1. Berpotensi melawan kanker

Manfaat frankincense essential oil lainnya yang tak kalah penting adalah potensinya untuk melawan kanker. Asam boswellic yang terkandung di dalam minyak esensial ini dianggap mampu membantu mencegah sel kanker menyebar. Sebuah tinjauan studi tabung reaksi mencatat bahwa asam boswellic juga bisa mencegah pembentukan DNA dalam sel kanker sehingga membatasi pertumbuhan kanker. Minyak ini dipercaya dapat melawan sel kanker payudara, prostat, pankreas, kulit, dan usus besar. Meski demkian, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk benar-benar membuktikan potensinya.Mengingat khasiatnya anti-inflamasi yang dimiliki, tentu saja penemuan bukan suatu hal yang mengherankan. Berkat manfaat ini pula, frankincense oil tak sekadar dapat membantu meredakan inflamasi pada kulit berjerawat, tapi juga eczema, psoriasis, hingga pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>