Pulmonary Valve Replacement dan Jenis Operasi Katup Jantung Lainnya

Organ vital jantung memiliki empat jenis katup yang menghubungkan satu ruang dengan ruangan lainnya. Fungsi katup tersebut adalah memberikan akses aliran darah saat jantung dipompa. Kelainan katup jantung bervariasi dari mulai level ringan hingga berat.

Kelainan ini bisa juga tidak terdeteksi pada awalnya karena terdapat  pasien tanpa gejala. Jika kondisi memburuk, maka tindakan pulmonary valve replacement atau operasi katup pulmonal jantung perlu dilakukan.  

Pengertian pulmonary valve replacement

Katup membuka saat darah dialirkan ke setiap ruangan di jantung, baik itu atrium maupun ventrikel. Setelah mengalirkan darah, katup yang berfungsi normal akan menutup sempurna. Kelainan pada jantung menyebabkan katup tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar.

Sementara katup pulmonal terletak diantara ventrikel kanan atau jantung bagian bawah kanan dan arteri pulmonalis. Katup ini mengalirkan darah yang kaya akan okseigen dari jantung ke paru-paru melewati arteri pulmonalis.

Pulmonary valve replacement biasanya dilakukan jika pasien menderita kelainan katup jenis stenosis. Stenosis yaitu katup tidak mampu membuka menyeluruh atau menyempit sehingga menghambat aliran darah. Stenosis diakibatkan bawaan lahir, infeksi, atau carcinoid syndrom.

Berikut tanda dan gejala kelainan katup jantung secara umum, diantaranya:

  • Kelelahan
  • Pusing
  • Nafas pendek
  • Cyanosis atau kondisi jari tangan, bibir, dan kuku kebiruan karena kekurangan oksigen
  • Sakit dada
  • Pembengkakan berisi cairan atau edema di tubuh bagian bawah

Seperti yang telah disebutkan, beberapa pasien bahkan tidak menunjukkan gejala apapun meskipun menderita kelainan katup jantung. Jika kelainan sudah sangat memburuk, pulomonary valve repalcement merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan.

Jenis-jenis operasi katup jantung

Selain pulmonary valve replacement, terdapat beberapa jenis operasi katup jantung lainnya, diantaranya:

  • Aortic valve repalcement

Pembuluh darah jantung aorta menghubungkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sementara katup aorta berada diantara ventrikel kiri dan pembuluh darah aorta. Ventrikel kiri memiliki tugas yang cukup berat karena harus memopa darah ke seluruh tubuh.

Kelainan katup ini disebabkan karena bawaan lahir, setnosis, dan regurgitasi atau kembalinya darah ke ruangan sebelumnya akibat katup yang tidak bisa menutup sempurna.

Angka harapan hidup pada pasien yang melakukan operasi ini sebesar 94%, btergantung pada beberapa faktor seperti umur, kondisi kesehatan secara umum, kondisi medis, serta kualitas fungsi jantung. 

  • Mitral valve replacement

Katup mitral terletak diantara atrium kiri dan ventrikel kiri. Mitral valve replacement dilakukan jika katup mitral tidak bisa membuka atau menutup sempurna. Katup yang tidak berfungsi dengan baik akan diganti menggunakan katup metal buatan atau katup biologis. Katup metal dapat digunakan seumur hidup, namun pasien harus mengonsumsi obat pengencer darah.

Sementara katup biologis hanya bertahan 15-20 tahun, akan tetapi pasien tidak harus mengonsumsi obat. Angka harapan hidup pada pasien sekitar 91%. Hal yang memengaruhi angka harapan hidup sama dengan faktor yang memengaruhi aortic valve replacement.

  • Double valve replacement

Sama seperti namanya, operasi ini merupakan gabungan antara aortic valve replacement dan mitral valve replacement. Kedua katup yang dioperasi seluruhnya berada di jantung sebelah kiri. Jenis operasi ini jarang terjadi dan memiliki angka harapan hidup yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya.

Pulmonary valve replacement dan jenis operasi katup jantung lainnya dilakukan apabila katup telah rapuh, terluka, atau rusak sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya. Dokter memiliki pertimbangan khusus lainnya terkait pengambilan keputusan operasi katup jantung ini.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>