Mengenal dan Memahami Obat Ambeien

rekomendasi obat ambeien

Ambeien atau wasir bukanlah suatu penyakit sepele. Diperlukan bantuan medis profesional dan obat ambeien yang tepat guna bisa pulih dari nyeri yang disebabkan oleh jenis penyakit yang satu ini. Jika tidak, Anda mesti bersiap dengan rasa nyeri yang berkelanjutan sampai menyebabkan Anda tidak nyaman bahkan untuk duduk sekalipun. 

Secara sederhana, wasir merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam perut akibat mengejan terlalu lama. Kondisi peningkatan tekanan dalam perut tersebut berakibat pada peradangan di pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus. Jenis penyakit ini kerap menghampiri orang dewasa yang berada dalam kondisi sembelit, hamil, atau yang memiliki gejala batuk berkelanjutan. 

Ambeien tersemasuk penyakit kambuhan yang akan memberikan sensasi panas dan nyeri tiap kali Anda duduk, khususnya ketika peradangan sedang kumat. Untuk itu, mengenal dan memahami obat ambeien terbaik perlu dipahami guna meredakan rasa nyeri akibat ambeien. 

Pahami Jenis Ambeien 

Ambeien dikenal pula dengan istilah wasir di Indonesia. Ada dua jenis ambeien yang mesti dipahami karena menimbulkan tingkat rasa sakit yang berbeda, seperti di bawah ini. 

  • Ambeien Internal 

Gejala paling kasat mata dan terasa dari ambeien adalah ada tidaknya benjolan di sekitar lubang anus sebagai bentuk peradangan. Namun, tidak semuanya kelihatan. Jika Anda mengalami ambeien internal, Anda tidak akan mudah merasakan adanya benjolan di anus karena peradangan lebih ada di bagian dalam rektum. 

Namun, ambeien internal sangat mungkin membuat anus Anda mengeluarkan darah ketika sedang kambuh. Rasa nyeri tidak akan terlalu terasa ketika mengalami jenis ambeien yang satu ini, namun akan diikuti oleh rasa gatal yang sulit tertahan. Sebaiknya Anda tidak mengusap daerah sekitar anus ketika rasa gatal itu terasa sebab justru bisa menimbulkan iritasi yang lebih parah.

  • Ambeien Luar  

Ambeien luar akan menimbulkan rasa nyeri yang lebih menyakitkan daripada ambeien dalam ketika sedang kambuh. Ini karena kulit di sekitar anus kemungkinan akan terkikis karena adanya benjolan yang merupakan gumpalan darah akibat ambeien. 

Rasa sakit pada ambeien luar bisa sangat parah bahkan membuat Anda sulit untuk duduk dalam waktu sebentar saja. Rasa sakit ambeien luar juga mungkin datang secara tidak terduga. Selain rasa nyeri, rasa gatal juga akan ikut menyertai dan menambah perasaan tidak nyaman. 

Obat untuk Nyeri Ambeien 

Sudah banyak penanganan medis yang bisa Anda pilih untuk memulihkan kondisi ambeien ataupun wasir. Jika sudah tahap parah, dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk menjalani operasi jika benjolan wasir sudah terlalu besar. Ada pula pilihan penanganan dengan obat-obat resep guna memulihkan peradangan dan nyeri akibat wasir. 

Mayoritas jenis obat ambeien yang digunakan untuk mengobati wasir bukanlah jenis oral. Dokter akan cenderung meresepkan obat berupa krim atau salep yang bertujuan mengurangi rasa gatal serta meredakan peradangan di sekitar rektum Anda.  Obat ambeien yang berupa krim atau salep umumnya mengandung bahan-bahan sebagai berikut. 

  • Witch hazel 
  • Phenylephrine
  • Lidocaine 
  • Hidrokortison 

Krim atau salep yang diresepkan dokter umumnya bertujuan mengurangi ukuran peradangan ambeien. Namun khusus untuk mengurangi rasa nyeri, dokter mungkin juga akan memberikan obat berjenis pramoxine, ibuprofen, ataupun asetaminofen.

Sebagai peringatan, obat salep dengan kandungan hidrokortison pun dianjurkan tidak dipakai lama-lama. Dokter biasanya hanya meresepkan pemakaian obat ambeien tersebut untuk satu minggu. Ini karena hidrokortison memiliki efek samping membuat jaringan rektum lebih tipis jika digunakan terlalu sering. 

Jika obat salep ataupun pereda nyeri tidak mampu juga mengurangi pembengkakan di jaringan rektum, dokter mungkin akan memberikan Anda pilihan obat lain berjenis pramoksin 

Meskipun wasir yang lebih kecil sering hilang dengan sendirinya, terkadang dokter perlu meresepkan obat yang lebih kuat. Mereka mungkin merawat Anda dengan hidrokortison berkekuatan resep dan sediaan pramoksin. Jika tidak berefek juga karena pembengkakan sudah menimbulkan benjolan yang terlalu besar, opsi untuk melakukan operasi akan disarankan oleh dokter.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>