Manfaat Zero Waste

Banyak komunitas dan di seluruh dunia bekerja menuju zero waste. Zero waste sendiri telah didefinisikan dalam berbagai cara oleh entitas yang berbeda. Lalu apa sebenarnya zero waste?

Zero waste adalah seperangkat prinsip yang berfokus pada pencegahan limbah yang mendorong perancangan ulang siklus sumber daya sehingga semua produk digunakan kembali.

Tujuan dari zero waste adalah agar sampah tidak dikirim ke tempat pembuangan sampah, insinerator, atau laut. Saat ini, hanya 9% plastik yang benar-benar didaur ulang. Dalam sistem zero waste, material akan digunakan kembali hingga tingkat konsumsi optimal.

Zero waste mengacu pada pencegahan limbah yang bertentangan dengan pengelolaan limbah akhir. Hal ini adalah pendekatan seluruh sistem yang bertujuan untuk perubahan besar dalam cara bahan mengalir melalui masyarakat, sehingga tidak ada pemborosan. Zero waste mencakup lebih dari menghilangkan limbah melalui daur ulang dan penggunaan kembali, tetapi berfokus pada restrukturisasi produksi dan sistem distribusi untuk mengurangi limbah itu sendiri.

Pemahaman zero waste menurut Zero Waste International Alliance adalah konservasi semua sumber daya dengan cara produksi, konsumsi, penggunaan kembali, dan pemulihan produk, pengemasan, dan bahan yang bertanggung jawab tanpa terbakar dan tanpa pembuangan ke tanah, air, atau udara yang mengancam lingkungan atau kesehatan manusia.

Global warming merupakan isu yang secara terus menerus menjadi kekhawatiran, dan konsep zero waste dipercaya dapat mengurangi efek berkepanjangan dari global warming. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari zero waste:

  • Zero waste mengurangi dampak iklim

Mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang dapat menjadi bagian penting dari strategi perubahan iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang limbah akan menghemat energi dan secara dramatis mengurangi emisi karbon di dunia.

  • Zero waste menghemat sumber daya dan meminimalkan polusi

Budaya konsumsi kita saat ini tidak berkelanjutan dan membutuhkan banyak energi. Sebaliknya, pendekatan zero waste  melestarikan sumber daya alam dan mengurangi polusi dari ekstraksi, manufaktur, dan pembuangan.

  • Zero waste membantu perekonomian

Mengurangi dan menggunakan kembali bahan-bahan bahkan menciptakan lebih banyak pekerjaan di berbagai bisnis, salah satunya bisnis rental.

  • Zero waste mempromosikan keadilan sosial dan membangun komunitas

Pendekatan zero waste dapat membangun kapasitas masyarakat, mendukung masyarakat yang terpinggirkan, dan melindungi kesehatan masyarakat. Zero waste daoar membantu mendistribusikan kembali barang-barang bermanfaat kepada mereka yang membutuhkan, dari makanan sisa yang disumbangkan ke tempat penampungan, hingga furnitur untuk para pengungsi, hingga pakaian.

Zero waste memiliki berbagai manfaat, selain untuk bumi, Anda juga dapat menghemat dengan melakukan zero waste. Selain itu, tindakan Anda juga dapat mendorong orang lain untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>