Manfaat Kesehatan Pijat Punggung Batu Panas

Pernahkah Anda mendengar sebuah terapi yang bernama pijat punggung batu panas? Terapi ini menggunakan batu yang halus dan dipanaskan, dan diletakkan di berbagai daerah tubuh. Batu tersebut tidak hanya diletakkan di punggung saja, tetapi di bagian lain seperti perut, dada, wajah, telapak tangan, dan kaki serta jari-jari kaki. Pijat jenis ini bertujuan untuk membantu Anda relaks dan meredakan otot yang tegang dan jaringan lembut yang rusak di seluruh tubuh. Batu yang digunakan dalam terapi ini adalah batu basal, sejenis batu vulkanis yang dapat menahan panas. Menurut Universitas Layanan Kesehatan New Hampshire, batu yang digunakan dalam pijat jenis ini akan dipanaskan hingga suhu 54 hingga 62 derajat Celsius.

Dalam pijat punggung batu panas, terapis akan menggenggam batu panas saat ia memijat tubuh Anda menggunakan teknik pijat Swedia, seperti gerakan memutar, long stroke, getaran, ketukan, dan kneading. Dalam beberapa kasus tertentu, batu yang dingin juga akan digunakan. Batu dingin digunakan setelah batu panas guna menenangkan pembuluh darah yang melebar dan menenangkan kulit.

Manfaat pijat batu manas

Semua jenis pijat punggung jatuh pada payung pengobatan alternatif. Pijat telah menjadi terapi pelengkap berbagai macam kondisi kesehatan. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pijat jenis ini adalah:

  • Membantu meredakan rasa sakit dan tegangan otot

Panas sudah lama digunakan untuk meredakan tegangan dan sakit otot. Panas membantu meningkatkan aliran darah pada daerah yang terdampak. Panas juga dapat membantu mengurangi kejang otot dan meningkatkan fleksibilitas dan jarak gerakan. Terapi dingin dapat membantu mengurangi peradangan. Tergantung dengan kondisi Anda, bergantian menggunakan batu panas dan dingin dalam proses pijat punggung Anda dapat memberikan manfat kesehatan lebih.

  • Mengurangi stres dan kecemasan

Asosiasi Terapi Pijat Amerika menyatakan bahwa terapi pijat punggung dapat menjadi pereda stres yang efektif. Dan banyak penelitian mendukung klaim tersebut. Misalnya saja, pada tahun 2001, terapi pijat punggung selama 10 menit dapat meningkatkan respon kardiovaskular seperti volume stroke. Selain itu, studi tahun 1997 menyatakan bahwa mendapatkan pijatan selama 15 menit di tempat kerja lebih efektif dalam menurunkan stres dibandingkan dengan 15 menit istirahat tanpa mendapatkan pijat apapun.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah review sastra tahun 2006 menemukan bahwa pijat punggung dapat menjadi alternatif pengganti pil tidur untuk orang dewasa yang menderita insomnia. Penelitian tersebut menyatakan bahwa pijat punggung dapat membantu seseorang untuk relaks dan mudah tidur. Selain itu, sebuah penelitian pada tahun 2001 menyatakan bahwa bayi yang memiliki gangguan tidur saat diberikan pijat selama 15 menit oleh orangtua mampu tidur dengan lebih cepat. Mereka juga lebih aktif dan positif saat bangun. Pijat punggung dianggap dapat membantu Anda menikmati tidur restorative dengan lebih, meskipun masih menjadi misteri mengapa hal tersebut dapat terjadi.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pijat punggung juga dianggap mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2010, satu sesi terapi pijat Swedia memiliki dampak positif terhadap sistem kekebalan tubuh. Sampel darah yang diambil sebelum dan setelah pijat dilakukan menunjukkan adanya penurunan arginine vasopressin, sebuah hormon yang membantu mengatur tekanan darah dan retensi air.

Banyak studi menunjukkan manfaat dari pijat punggung batu panas. Terapi pijat ini dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan tingkat kecemasan seseorang. Selain itu, pijat punggung juga dapat meringankan rasa sakit dan tegangan otot.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>