Cara Berbicara yang Baik di Depan Umum

Ingin meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum? Layaknya bernapas, Berbicara adalah satu kegiatan yang tidak bisa kita lepaskan semasa hidup. Sepenting itu perannya, namun tidak semudah yang dibayangkan untuk melakukannya. Sebagian orang sering mendapat hambatan dalam berkomunikasi karena kurangnya pemahaman tentang cara berbicara yang baik. Berikut adalah beberapa cara berbicara yang baik untuk Anda terapkan dalam setiap percakapan, baik dengan individu lainnya atau dengan sekelompok orang.

  1. Mulai berbicara dengan volume suara yang sesuai

Hal pertama yang perlu Anda pahami saat ingin berbicara di depan umum adalah, lihat situasi di mana Anda mulai berbicara. Jika Anda hanya berdua sebaiknya gunakan volume suara yang lembut namun tetap terdengar dengan lawan bicara Anda. Sedangkan, saat berhadapan dengan lawan bicara dalam kelompok yang lebih banyak, gunakan suara yang lebih kuat.

Tidak perlu berteriak, cukup berbicara dalam volume yang cukup kencang agar semua orang bisa mendengarnya. Ketika berbicara di publik dengan suara yang pelan dan lirih akan membuat orang-orang berpikir Anda adalah tipe orang yang pemalu dan tidak percaya diri.

  • Lafalkan setiap kata dengan jelas

Semua orang mungkin bisa berbicara, namun untuk melafalkan kata per kata dengan jelas hanya orang-orang yang terlatih dan terbiasa saja yang bisa. Berlatihlah secara teratur dalam melafalkan kata-kata dengan memisahkan suku katanya. Ulang dengan pelan, jika sudah terdengar jelas dan sempurna, percepat pelafalan Anda dan kurangi jeda antar suku kata sampai Anda berbicara dengan fasih.

  • Berbicara dengan kecepatan yang tepat

Saat berbicara di depan umum sering kali membuat kita menjadi gugup, cara kita berbicara pun akan menjadi terburu-buru. Cara mengatasinya, dengan mengatur napas ketika merasa gugup, berbicaralah dengan perlahan. Beri lawan bicara kesempatan untuk mendengarkan pesan yang ingin Anda sampaikan. Idealnya rata-rata pembicaraan yang bagus berbicara sebanyak 163 kata per menitnya.

  • Gunakan nada suara atau intonasi yang dinamis

Dalam satu perbincangan, tentu akan ada berbagai jenis kalimat yang diucapkan. Mungkin akan ada kalimat pertanyaan atau ada satu kalimat yang penting untuk Anda tekankan. Contohnya, saat bertanya gunakan intonasi dengan nada yang lebih tinggi dibagian akhir pertanyaan.

  • Perhatikan postur tubuh Anda saat bicara

Cara Anda duduk atau pun berdiri juga bisa memengaruhi cara Anda saat berbicara. Ketika berdiri atau duduk tegak memungkinkan Anda untuk bernapas dengan benar, memberi kekuatan dan kejelasan suara yang lebih besar.

Saat menggerakkan bagian kepala juga bisa membuat perbedaan. Jika Anda mengangkat dagu dan sedikit memeringkan kepala, Anda dapat memotong sebagian resonansi dan membuat suara Anda terdengar lebih jernih. Sebaiknya jangan mengencangkan bahu dan jangan membungkuk karena bisa membuat suara Anda terdengar kurang bagus.

Dengan mengetahui cara berbicara yang baik seperti yang dijelaskan di atas, Anda dapat meningkatkan hubungan Anda dengan orang sekitar. Karena percakapan yang efektif akan melahirkan rasa empati dan keintiman yang tidak akan Anda dapatkan ketika komunikasi Anda buruk.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>