Apa Saja yang Harus Dibawa untuk Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba?

Surat Keterangan Bebas Narkoba adalah surat pernyataan yang dikeluarkan oleh instansi tertentu yang menyatakan bahwa di dalam tubuh Anda tidak terdapat jejak narkotika. Surat ini dapat meyakinkan perusahaan atau lembaga lain yang membutuhkan SKBN ini bahwa Anda bukanlah pecandu narkoba.

SKBN biasanya dijadikan sebagai persyaratan administasi bagi para pelamar pekerjaan, calon pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI atau Polri, hingga syarat masuk institusi pendidikan tertentu. Prosedur untuk mendapatkan surat keterangan bebas narkoba, tentunya Anda perlu melakukan tes bebas terlebih dahulu.

Anda dapat mengunjungi pusat pelayanan kesehatan (Puskesmas, RSUD, rumah sakit pemerintah, dan rumah sakit swasta), kantor polisi, hingga laboratorium pusat Badan Narkotika Nasional (BNN).

Tidak semua puskesmas maupun rumah sakit swasta menyediakan fasilitas pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba ini. Sementara itu, sebagian besar rumah sakit milik pemerintah, baik tingkat nasional maupun daerah (RSUD) biasanya bisa dijadikan rujukan penerbitan SKBN ini.Untuk amannya, Anda sebaiknya bertanya kepada fasilitas kesehatan tujuan Anda mengenai penerbitan SKBN tersebut.

Berkas-berkas yang harus dibawa untuk membuat SKBN:

  1. Pas foto berwarna sesuai dengan tahun kelahiran (tahun genap: background berwarna biru), (tahun ganjil: background merah)
  2. Bawa pas foto kurang lebih 3 lembar
  3. Membawa KTP asli
  4. Foto copy KTP sejulah 3 lembar
  5. Membawa Katur Keluarga asli
  6. Foto copy Kartu Keluarga sejumlah 3 lembar

Jika Anda ingin membuat SKBN di kantor BNN, Anda perlu membawa peralatan tes sendiri, seperti wadah untuk menampung urine dan alat tes narkoba yang banyak dijual di apotek. Hal ini dikarenakan pembuatan SKBN di BNN tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Setelah melengkapi persyaratan di atas, Anda akan diminta untuk buang air kecil dalam wadah yang diberikan oleh petugas laboratorium. Selanjutnya, sampel urine tersebut akat dites dengan alat Urine Screen Plus.

Tidak perlu pulang ke rumah, biasanya sudah bisa melihat hasil tes urine tersebut dalam waktu kurang lebih 1 jam. Bila tidak ada jejak narkoba dalam urine Anda, pihak rumah sakit atau Puskesmas akan memberikan Surat Keterangan Bebas Narkoba.

Mengapa Surat Keterangan Bebas Narkoba Perlu Dibuat?

Berdasarkan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.02/Men/1980 tentang Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja dalam Penyelenggaraan Keselamatan Kerja bahwa, perusahaan wajib secara aktif melakukan upaya pencegahan serta penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika, serta zat adiktif lainnya di tempat kerja.

Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba bisa dikenai biaya kisaran Rp100.000 hingga Rp500.000 tergantung rumah sakit atau tempat yang Anda tuju. Anda bisa menggunakan surat ini untuk keperluan melamar kerja dan keperluan lainya.

Setelah SKBN selesai dibuat Anda bisa langsung mem-fotokopi surat tersebut dengan tujuan melegalisir fotokopiannya. Sehingga jika di kemudian hari Anda membutuhkan SKBN kamu tidak perlu lagi membuat yang baru lagi.

Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>