9 Manfaat Bela Diri untuk Anak dengan Masalah Belajar dan Attention Issue

Olahraga sangat bagus untuk setiap anak. Tetapi anak-anak dengan masalah belajar dan attention issue dapat mengalami kesulitan menemukan olahraga atau aktivitas fisik yang cocok untuk mereka. Mereka mungkin tidak memiliki keterampilan sosial atau fisik untuk berpartisipasi dalam tim.

Ada anak yang mungkin tidak memiliki koordinasi untuk kegiatan seperti skating atau balet. Mereka mungkin merasa terlalu sulit untuk mengikuti aturan, atau mereka mungkin adalah korban bullying dan diasingkan dari pertemanan. Bagaimana bela diri bisa membantu anak-anak dengan berbagai masalah kompleks semacam ini?

  1. Memfokuskan diri pada pertumbuhan individu, bukan kompetisi tim. Banyak anak yang merasa tertekan karena masalah belajar serta harus bersaing dengan anak-anak lain. Olahraga konvensional mungkin tidak menarik bagi mereka. Namun dalam seni bela diri, fokusnya adalah pada pengembangan diri. Tidak akan ada istilah “mengecewakan tim”.
  2. Bela dDiri menawarkan tujuan yang konkret dan dapat dicapai. Beberapa anak dengan masalah belajar dan perhatian mungkin merasa mereka tidak pernah “menang” dalam hal apa pun. Dalam seni bela diri, anak-anak bekerja dengan kecepatan mereka sendiri. Mereka diberikan sabuk berwarna berbeda setiap kali mereka mencapai tingkat keterampilan baru. Ini dapat meningkatkan harga diri dan membuat mereka tetap termotivasi.
  3. Rutinitas dalam latihan bela diri dilakukan secara bertahap. Suatu teknik atau bentuk dalam seni bela diri dapat memiliki puluhan gerakan yang berbeda. Tetapi anak-anak belajar secara bertahap, mengulangi dan menambahkan langkah-langkah sembari berlatih. Mereka belajar mengantisipasi langkah mana yang akan terjadi selanjutnya dan pada akhirnya menyatukan semuanya menjadi gerakan yang lancar. Semua ini memberikan memori kerja latihan, tetapi dengan cara mudah dipahami anak-anak.
  4. Bela diri mampu menekankan kontrol diri dan konsentrasi. Perhatian adalah pusat seni bela diri. Anak-anak harus tetap fokus untuk belajar dan tampil. Ketika fokus anak melayang, instruktur akan sering meminta mereka untuk mengambil “posisi siap”. Posisi ini memungkinkan mereka untuk mengatur ulang dan menyiapkan diri untuk gerakan selanjutnya.
  5. Bela diri bisa membantu koordinasi. Gerakan seni bela diri yang disengaja dan berulang dapat membantu anak-anak mengembangkan rasa yang lebih baik untuk tubuh mereka. Ini dapat menjadi latihan yang berguna bagi anak-anak yang memiliki masalah perkembangan motorik.
  6. Bela diri adalah jalan keluar untuk mengatasi anak-anak dengan energi yang berlebih.
  7. Suasana latihan akan membantu anak berpikir lebih positif. Latihan yang teratur juga akan membuatnya menghargai waktu terutama saat hormat saat berhadapan dengan guru dan teman latihannya.
  8. Bela diri menumbuhkan rasa saling menghargai satu sama lain. Di dalam kelas bela diri, murid akan diajarkan untuk saling menghargai dan tidak melanggar praturan yang sudah ditetapkan bersama.
  9. Bela diri adalah olahraga yang keren. Banyak anak-anak yang berpikir seperti ini dan bisa menjadi kunci meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Dengan beberapa manfaat bela diri untuk anak di atas, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mendaftarkan si kecil di kelas bela diri yang disukainya.

Tags:  , ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>